Tips Memulai Bisnis ala Presiden Jokowi

  • Whatsapp
Tips Memulai Bisnis Ala Jokowi
Image: Merdeka.com/Purnomo Edi

Tips Memulai Bisnis Baru

Memulai bisnis ala Presiden Jokowi menjadi topik yang tengah hangat dibicarakan. Beberapa waktu lalu Presiden tampil berbagi tips di depan ara pemula, tepatnya saat menghadiri Program Wirausaha ASN dan Pensiunan. Memang benar memulai dan mengembangkan bisnis bukan hal mudah, tetapi menurut Presiden tetap harus dicoba. Berikut beberapa tips ala Presiden Jokowi:

  • Pilih-Pilih Usaha

Pilih-pilih usaha yang dimaksud yakni memilih usaha yang dekat dengan keseharian. Hal ini benar adanya agar Anda merasa terbiasa dengan bisnis yang dijalankan. Menjalankan bisnis yang akrab dengan kebiasaan juga lebih mudah menumbuhkan rasa cinta dalam mengembangkannya.

  • Mengenali Pasar

Suatu usaha tentu memerlukan produk yang harus dijual. Dalam hal ini produksi produk harus disesuaikan dengan kondisi pasar. Untuk itu, setiap pemula wajib mengenali pasar agar mendapat kemudahan dalam pemasaran produk.

  • Usaha Resiko Kecil

Untuk memulai usaha jangan terburu-buru pada target yang besar. Awali dengan usaha yang memiliki risiko kecil. Dalam hal ini memilih produk yang tahan lama tidak cepat basi lebih disarankan.

  • Usaha Bernilai Tambah

Usaha yang menarik dicoba adalah usaha yang memiliki nilai tambah. Misalnya usaha kos-kosan yang senantiasa memiliki nilai jual lebih tinggi setiap tahunnya. Dengan demikian Anda berkesempatan mendapat untung lebih besar setiap waktunya. Jenis bisnis ini pun memiliki pendapatan jelas tiap bulan atau tahun, sehingga dapat diandalkan untuk pendapatan tetap.

  • Mencari Rekan Bisnis

Satu lagi tips memulai bisnis ala Presiden yang tidak kalah penting adalah mencari rekan bisnis. Ajak rekan bisnis yang sudah berpengalaman sebelumnya. Sekiranya usaha akan lebih berjalan mulus jika menggandeng teman yang tepat, mampu berkembang pesat, dan memungkinkan Anda untuk sambil belajar sembari menjalankan bisnis.

Itulah beberapa tips memulai usaha ala presiden yang harus kamu lakukan, semoga artikel ini bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *